Kawasaki Ninja 250R |
BlogAndepa - Awal tahun lalu mbah mengatakan bahwa kehadiran Yamaha YZF R25 akan menghabisi Kawasaki Ninja 250 FI, baik dari segi penjualan, popularitas hingga image. Maklum mbah berpegang pada beberapa faktor yang secara ilmu marketing sangat bisa dipertanggung jawabkan dan memang sudah seperti itu jalannya. Namun terus terang asumsi mbah dan hampir seluruh pengamat otomotif maupun praktisi yang netral dibuat keliru. Berikut empat teori kenapa “semestinya” bisa memporak porandakan Ninja 250FI
Design : Rancangan YZF R25 lebih muda dua tahun dibandingkan Ninja 250R, begitu pula performa motor ini yang mestinya lebih baik
Brand : Akui tidak di akui, nama besar Yamaha jauh lebih solid ketimbang kawasaki yang notaben dikenal di sini karena line up mereka yang anti main stream.
Jaringan : Bagi konsumen nasional khsususnya di kelas 250cc kebawah keberadaan jaringan afte sales menjadi kunci kesuksesan penjualan dan jaringan YIMM jelas lebih luas ketimbang KMI
Penokohan : Sebagai mana yang kita ketahui, dari sisi penokohan Yamaha punya Rossi - Lorenzo yang jauh lebih baik ketimbang Tom Sykes. Logikanya jika membeli motor berdasarkan penokohan ya Yamaha lah yang menang.
Yamaha R25 |
Anti teori itu bernama Ninja 250R
Dikala Ninja 250R mendapat tantangan yang pertama yaitu CBR250R dengan keunggulan ABS dan Mesin FI, mungkin jawaban paling sederhana adalah karena mesinnya 2 silinder. Nah, sekarang ketika bergeser kepada R25 yang sama sama 2 silinder dan unggul diberbagai faktor, Ninja 250FI masih berkibar? Lalu kenapa bisa terjadi anti teori pada Ninja 250 FI? Nah menurut mbah ada 4 juga yang membuat hal ini bisa terjadi !
komunitas : komunitas Ninja 250 sudah terbentuk sejak tahun 2008 sehingga sudah menjadi sebuah “ikon” tersendiri bagi motor kelas 250cc ini.
Kaderisasi : Konsumen “pasti” Ninja 250FI terdiri dari mereka yang ingin naik kelas ke 250, mereka pemilik Ninja 250 Karbu dan mereka yang berasal dari 2 stroker otomatis mereka punya basis massa tersendiri.
Waktu : Motor kelas 250cc memiliki ketergantungan dengan komunitas semakin besar, dan Ninja sudah membangun komunitas hampir 1 dekade dan ini yang akan menjadi keuntungan mereka.
Salah target : mungkin tujuan R25 adalah mengambil konsumen Ninja 250? Namun menurut mbah asumsi ini keliru, pasalnya konsumen 250 tidak beralih ke 250 lainya (R25) tapi naik kelas, dan motor dengan pricing terdekat? ya ER6 series!